Candi Sambisari : Candi Bawah Tanahnya Jogja

3
498

Candi Sambisari : Candi Bawah Tanahnya Jogja. Candi merupakan salah satu warisan budaya yang  khas di Indonesia. Warisan budaya Candi merupakan salah satu budaya yang banyak dikunjungi baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Sebagai salah satu warisan budaya di Indonesia, setiap candi memiliki sejarah dan  keunikan dan daya tariknya masing – masing. Tak jarang pula warisan budaya candi ini menjadi pemikat wisatawan dengan sejarah yang melegenda.

Salah satu Candi yang memiliki keunikan adalah Candi Sambisari. Candi ini berlokasi di Purwotani, Kalasan Sleman Yogyakarta dekat dengan lokasi Bandara Jogja.Tak jauh berbeda dengan candi lainnya, candi sambisari juga memiliki bentuk candi yang beragam yang terdiri dari kompleks candi induk dan 3 candi perwara atau candi pendamping dengan dikelilingi pagar batu 2 lapis. Untuk memasuki arena candi, disediakan 4 pintu masuk untuk membuat anda menikmati keindahan Candi Sambisari : Candi Bawah Tanahnya Jogja.

Candi Sambisari : Candi Bawah Tanahnya Jogja. itulah sebutan yang cocok untuk candi ini. Pasalnya, berbeda dengan warisan budaya candi lainnya yang memiliki candi dengan tinggi yang lebih tinggi tinggi daripada daerah sekitarnya, candi ini justru berbeda. Jika biasanya candi – candi dibangun di ketinggian atau di lereng bukut seperti kompleks  Candi Arjuna di Dieng dan Candi Gedung Songo di Ungaran candi ini jusru dibangun kira – kira 6,5 meter lebih rendah daripada permukaan tanah. Letaknya yang berada di bawah permukaan tanah, candi ini justru bisa menjadi objek wisata yang tampak memikat jika dilihat dari ketinggian serta menjadi salah satu objek pilihan untuk menikmati sunset atau sunrise dengan sensasi yang berbeda.

Tak hanya memiliki keunikan dengan letaknya yang di bawah tanah, candi ini juga memiliki daya tarik keindahan yang juga tidak kalah memikat dibanding budaya candi yang lainnya. Jika dilihat secara sepintas, candi sambisari ini tampak seperti kastil batu yang berjajar cantik di tengah  taman reremputan hijau. Lokasi yang instagrammable bisa sahabat journey nikmati dan menjadikannya objek  foto candi sebagai pilihannya.  Keindahannya yang memikat membuat candi sambisari ini sering menjadi pilihan bagi para pasangan calon pengantin sebagai lokasi photoshoot untuk foto prewedding maupun foto bersama keluarga. Reremputan hijaupun bisa menjadi tempat yang tepat untuk bercengkrama bersama kerabat maupun sahabat dengan menggelar tikar  lengkap dengan bekal makanan favorit sambil menikmati keindahan candi maupun menunggu sunrisa dan sunset.

Keseruan menikmati indahnya candi bawah tananhnya jogja tak hanya berhenti dengan menikmati keindahan candi maupun alam disekitarnya, sahabat journey bisa melanjutkan perjalanan dengan memasuki museum mini candi sambisari menikmati rangkaian perjalanan sejarah eskavasi candi yang tak terduga sebelumnya. Hal terpenting yang wajib sahabat journey ketahui adalah untuk menikmati serunya menikmati warisan budaya candi sambisari, sahabat journey tidak perlu banyak mengeluarkan uang yang menguras kantong karena harga sangat ekonomis dan bersahabat. Itulah  Candi Sambisari : Candi Bawah Tanahnya Jogja. yang memikat.

3 KOMENTAR

  1. Jangan lupa kalau kesini pagi2, biar bisa sarapan soto batok dengan tempe2 hangat sambil menikmati sawah yg menghampar. 🤗

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini